Sabtu, 04 Agustus 2018

5 Hal Salah Kaprah Tentang Air Cooler, Sudah Tahu Belum?


Produk atau perangkat elektronik bernama air cooler memang sedang menjadi idaman masyarakat. Meskipun sudah mulai populer, sayangnya belum semua masyarakat memahami perangkat ini dengan baik. Hasilnya banyak orang yang salah kaprah memahami air cooler. Pengertian tentang air cooler sendiri adalah hal yang penting sebelum membeli produk tersebut. Dengan pemahaman yang salah tentu hal ini sangat merugikan bagi konsumen. Sebab ada beberapa cara dan langkah penggunaan yang tidak benar dan menyebabkan kerugian berupa materi, tidak awetnya air cooler hingga kesehatan yang menurun. Nah berikut ini adalah beberapa hal salah kaprah tentang air cooler yang seharusnya Anda ketahui dan tidak Anda yakini. 

1.    Merupakan Produk Pendingin Ruangan
Pertama, hal salah kaprah tentang air cooler adalah dianggap sebagai produk pendingin ruangan. Memang dengan menyalakan air cooler, udara yang awalnya panas bisa menjadi terasa lebih dingin. Tapi sebenarnya apa yang dilakukan oleh air cooler bukanlah mendinginkan udara di ruangan seperti perangkat AC (Air Conditioner). Tapi yang dikerjakan oleh air cooler ini adalah membuat tingkat kelembaban udara lebih tinggi dibanding sebelumnya. Jadi yang terjadi bukanlah air cooler membuat dingin udara tapi menyejukkan udara.

2.    Dapat Digunakan Kapan Pun dan Secara Terus-Menerus
Bila Anda menyalakan AC maka Anda bisa dengan bebas menggunakannya kapan pun dan selama apa pun, asal kuat membayar tagihan listriknya. Nah pada air cooler, Anda tidak bisa seenaknya menyalakan dan menggunakannya. Jadi sebelum menyalakan air cooler, Anda harus memastikan kondisi air di tangki masih ada. Sementara itu penggunaan yang terus-menerus pada air cooler juga bukanlah pendapat yang tepat karena adanya air dalam tangki yang bisa berkurang dan habis. Ketika air dingin pada tangki habis maka air cooler memang tidak akan bisa bekerja optimal. Bahkan dengan keadaan air cooler yang kosong bisa membuat perangkat ini jadi rusak. 

3.    Bisa Ditempatkan Dimana Pun
Tidak seperti kipas angin atau AC yang bisa ditempatkan di mana saja semau kita, perangkat air cooler membutuhkan tempat khusus. Tempat khusus untuk air cooler ini adalah di ruangan yang punya sirkulasi baik. Penempatan air cooler di ruangan dengan sirkulasi udara yang baik sendiri bertujuan untuk menghindari efek buruk dari kelembaban yang diciptakan perangkat ini. Jadi pendapat yang menyatakan bahwa air cooler bisa ditempatkan di mana saja jelas sebuah salah kaprah. Yang benar adalah adalah air cooler harus ditempatkan pada ruangan dengan sirkulasi udara yang baik.

4.    Harganya Mahal
Berpikir bahwa harga air cooler mahal? Tunggu dulu. Kita harus tahu produk yang diperbandingkan. Jika dibandingkan dengan kipas angin memang air cooler lebih mahal. Tapi bila harga air cooler dibandingkan dengan harga AC maka air cooler jauh lebih hemat. Harga air cooler sendiri di pasaran saat ini berkisar antara Rp 250 ribu hingga Rp 1,5 juta. Semnetara itu untuk AC saat ini adalah mulai dari Rp 1,5 juta hingga Rp 5 juta. Dari sini jelas terlihat dan terbukti bahwa pernyataan yang menyebutkan bahwa harga air cooler mahal tentu merupakan pendapat yang salah kaprah.

5.    Sama Dinginnya dengan AC
Terakhir, hal salah kaprah yang sering dipahami orang lain tentang air cooler adalah memiliki tingkat dingin yang sama dengan AC. Pendapat ini memang salah karena air cooler bukanlah perangkat pendingin ruangan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Air cooler tidak punya kemampuan seperti AC yang mampu mengkondisikan suhu udara lebih dingin. Dengan mengandalkan air dingin pada tangki, air cooler hanya akan menyejukkan udara dengan cara menyemburkan uap air dingin sehingga tingkat kelembaban udara meningkat.

Bagikan

Jangan lewatkan

5 Hal Salah Kaprah Tentang Air Cooler, Sudah Tahu Belum?
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.