Rabu, 10 Januari 2018

Tips Mudah Atur Keuangan Buat Liburan Tiap Bulan


foto:aet.co.id


Liburan tiap bulan apa tidak salah? Tidak ada yang salah jika menyangkut tentang liburan. Bagaimana tidak, liburan kan demi menjaga kesehatan jiwa. Sebagai seorang manusia apalagi yang memiliki rutinitas padat yang kegiatannya hanya itu-itu saja, harus rutin pula menyegarkan pikiran. Misalnya, pesan hotel di Bali untuk pelarian selama dua hari.

Kenapa harus demikian? Karena akan ada yang namanya rasa jenuh dan pikiran yang penuh. Apalagi buat masyarakat yang tinggal di ibukota. Tahu sendiri kan kalau kondisi Ibukota Jakarta sudah separah itu. Belum lagi kalau harus berhadapan dengan pekerjaan atau klien yang memiliki banyak kemauan.

Ditambah harus menempuh jarak yang rasanya sekarang sudah tidak wajar dari rumah ke kantor. Pembangunan di mana-mana kemacetan merajalela. Diperparah dengan jumlah kendaraan pribadi yang semakin meningkat setiap harinya. Kalau bisa ke kantor naik pesawat, pasti sudah berburu promo tiket pesawat setiap harinya, deh.

Membayangkannya saja rasanya sudah sangat pusing. Bukanlah sebuah hal yang berlebihan jika kita liburan setiap bulan. Demi jiwa dan pikiran yang sehat kita harus terus menyegarkan pikiran supaya bisa berkarya dengan lebih total dan produktivitas pun berjalan dengan baik.

Nah permasalahannya bukan pada kemauan seseorang tetapi biasanya kebanyakan orang mengurungkan niat untuk liburan karena tersandung masalah finansial. Tapi kembali lagi harus mengingat di mana ada kemauan pasti akan ada jalan. Kalau sudah begitu berarti langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengatur keuangan.

Bagaimana cara untuk mengatur keuangan yang efektif agar bisa liburan tiap bulan? Jangan sedih kamu bisa mendapatkan jawabannya dalam artikel ini.!

     Buat sebuah bujet tabungan yang konsisten
Dalam mengatur keuangan, hal yang paling utama untuk dilakukan adalah konsistensi. Meskipun setiap bulan jumlah uang yang disisihkan tidak terlalu besar tetapi kalau konsisten pasti akan sangat terasa manfaatnya.

Sebenarnya tidak perlu juga untuk langsung menyisihkan sebagian besar uang gaji kita untuk dimasukkan ke dalam tabungan. Karena biasanya, hal yang selanjutnya terjadi adalah budget untuk kehidupan sehari-hari kamu justru malah kurang dan ujung-ujungnya kamu akan mengambil uang dari tabungan kamu. Sama juga bohong kan?

Untuk itu setidaknya coba buat perhitungan berapa budget yang akan kamu sisihkan untuk kebutuhan sehari-hari. Lalu kalau masih ada sisanya dari uang gaji coba sisihkan sebesar 30% untuk ditabung. Nah hal ini harus kamu lakukan secara konsisten supaya bisa liburan setiap bulan.

     Beli satu celengan yang ukurannya cukup besar
Siapa bilang kalau menabung di dalam celengan itu kuno. Justru dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk menjaga tabungan itu supaya tidak kamu ambil sewaktu-waktu. Karena kan kalau kita menabung di rekening dan kamu selalu membawa kartu debit nya, sudah pasti saat kamu sedang kalap belanja kamu akan mengambil uang tabungan itu. Di situlah godaan menabung dengan rekening konvensional. Padahal bisa saja uangnya bisa buat pesan hotel di Bali,

Coba beli saja celengan yang berbahan dasar tanah liat yang biasanya berbentuk ayam dan ukurannya cukup besar. Kamu hanya perlu mengorbankan uang sebesar 50.000 paling banyak untuk membeli jaringan tersebut. Uang tabungan kamu bisa terjamin dengan aman dengan catatan kamu meletakkannya di tempat yang aman juga, ya.

     Prioritaskan saat berbelanja keperluan
Jangan sampai uang gaji kamu hanya Numpang lewat di rekening kamu. Biasanya hal itu terjadi kalau kamu tidak memiliki sebuah daftar prioritas ketika akan berbelanja. Coba mulai saat ini kamu membuat sebuah daftar prioritas dengan memisahkan antara keinginan dan kepentingan.

Hitung skala prioritasnya. Lalu kamu tempatkan hal yang paling tidak kamu butuhkan di daftar terbawah. Memang setelah gajian kamu pasti akan merasa bahwa diri kamu pantas untuk dimanjakan setelah sebulan penuh bekerja. Namun, kamu harus memikirkan kembali tujuan awal dari Mengatur keuangan ini yaitu supaya bisa mampu liburan setiap bulan.

Kurangi juga kegiatan-kegiatan kiranya bisa menguras kantong kamu lebih cepat. Demi bisa liburan tiap bulan alangkah baiknya jika yang biasanya kamu membeli kopi di kedai kopi hits sekarang kamu ganti dengan kopi instan yang kamu buat sendiri. Dari situ uangnya bisa kamu selesaikan untuk memanjakan diri kamu ketika pada saatnya kamu bisa liburan dengan uang hasil tabungan.

     Coba investasi kecil-kecilan dengan mata uang asing
Tidak perlu yang ribet kok. Cukup menukarkan sejumlah uang rupiah kamu dengan mata uang asing yang mungkin bisa kamu gunakan ketika akan liburan ke luar negeri nanti di bulan depan. Misalnya coba sisihkan beberapa ratus ribu rupiah untuk membeli mata uang dolar. Arti kata tahu mata uang ini nilainya semakin menguat Jadi mungkin kalau kamu sedang kepepet bisa kamu tukarkan Kembali ke rupiah ketika nilainya sudah lebih tinggi. Simpel, kan!

Jangan anggap remeh langkah ini. Karena kalau kamu bisa menukarkan segelintir US dolar, kamu sudah bisa lho pesan hotel di Bali plus beli tiket saat ada promo tiket pesawat.

Bagikan

Jangan lewatkan

Tips Mudah Atur Keuangan Buat Liburan Tiap Bulan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.