Kamis, 05 Oktober 2017

Pentingnya Keberadaan Indonesia Cyber Security




PBB menyatakan kalau perang dunia ketiga mungkin saja bisa terjadi termasuk ke dunia maya. Oleh karena itu, negara-negara di seluruh dunia dihimbau agar selalu waspada dan memiliki sistem pertahanan yang kuat. Beberapa organisasi telematika Indonesia juga mendesak untuk membentuk Indonesia Cyber Security untuk menjaga sistem pertahanan cyber di Indonesia. Walaupun saat ini maslaah Cyber Security di Indonesia masih tahap invansi atau awal, tapi perlulah dijaga ketat.
Sebab, berbagai ancaman besar mungkin saja bisa muncul dan mempengaruhi sistem teknologi informasi Indonesia. Cyber Security merupakan suatu aktivitas yang dilakukan untuk mengamankan sumber daya telematika untuk mencegah tindakakn cyber crime. Sedangkan tindakan cyber crime adalah tindakan kriminal dalam teknologi telematika dan itu sangat mengganggu. Proses peningkatan keamanan telematika ini sangatlah luas. 
foto:linkedin.com

Upaya peningkatan keamanan ini terdiri dari masalah teknis yakni pengamanan di sisi jaringan, keamanan data, sistem operasi serta source code aplikasi. Berdasarkan sumber daya manusia, terdapat 3 kelompok praktisi Indonesia Cyber Security. Yang pertama disebut dengan analisi keamanan yaitu anggora cyber security yang memiliki tugas untuk menggambarkan potensi dari ancaman keamanan. Selain itu juga memberikan rekomendasi cara untuk mencegah terjadinya ancaman tersebut.
Kelompok yang kedua disebut dengan spesialis forensik. Bagian Indonesia Cyber Security yang bertugas melakukan penyelidikan setelah terjadi insiden kebocoran keamanan telematika. Bagian ini wajib mempunyai kemampuan teknis yang profesional agar dapat mencari, memetakan jejak-jejak pelaku serta mampu melacak serta menemukan pelaku insiden. Mereka harus benar-benar pintar membaca gerak-gerik pelaku, sehingga bisa menemukan pelaku yang tepat.
Selanjutnya disebut dengan Hacker atau Peretas. Selama ini hacker atau tindakan hacking selalu dikaitkan dengan tindakan kriminal. Padahal sebenarnya tidak semua hacker atau tindakan hacking itu untuk tujuan kriminal. Hacker adalah orang-orang yang berkemampuan untuk mengeksploitasi sistem telematika dengan cara tertentu. Hacker mempunyai kemampuan teknis yang tinggi serta pemahaman telematika yang luar biasa.
Para hacker di Indonesia Cyber Security memahami sistem komunikasi data, tindakan operating system, berkemampuan dalam membeca source koder, melakukan reverse egineering, dapat menggambarkan mekanisme pengolahan data dan lainnya. Perwujudan Indonesia Cyber Security diharapkan bisa melindungi sistem-sistem keamanan negara yang tersimpan di jaringan telekomunikasi.
Dengan adanya cyber security, diharapkan Indonesia aman dari kejahatan telematika yang mempengaruhi ketahanan negara nantinya.

Bagikan

Jangan lewatkan

Pentingnya Keberadaan Indonesia Cyber Security
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.