Senin, 15 Mei 2017

Mau Jual Rumah Pakai Jasa Agen Properti? Pastikan Hal Ini Terlebih Dahulu!!

Jual rumah tidak bisa disamakan dengan menjual barang atau keburuhan lainnya. tidak seperti gadget yang meskipun diupdate dengan nilai jual yang tinggi tetap ada peminatnya dan penjualannya pun sangat cepat. Membuat rumah dijual agar cepat mendapatkan pemilik baru tidak semudah membalikan telapak tangan. Selain prosesnya yang cukup panjang, waktu untuk menemukan calon pembeli pun terbilang cukup lama bisa mencapai waktu berbulan – bulan bahkan bertahun – tahun lamanya. Umumnya ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk jual rumah perumahan di Bandung, yakni menjualnya sendiri atau menggunakan jasa agen properti.

Masing – masing cara memiliki kekurangan dan keunggulannya masih – masing. Namun dari kebanyakan kasus yang ada jual rumah dengan menggunakan agen properti akan jauh lebih cepat dibandingkan dengan menjualnya sendiri. Mengapa bisa demikian?

Alasan utama yang cukup kuat ialah, agen properti merupakan agen jasa yang memiliki fungsi sebagai perantara, ia akan memiliki koneksi dan jangkauan pasar yang lebih luas di bidang properti. Dengan pengalaman dan keahlian mereka sudah tau betul seluk beluk dunia pasar properti.

Apakah benar jika menggunakan jasa agen properti akan dijamin rumah dijual akan cepat laku? Hal ini belum bisa dipastikan atau memiliki jaminan tertentu, bisa juga ketika kita menjual sendiri justru lebih cepat terjual. Namun dari sekian banyak kasus memang banyak kesaksian yang menyatakan bahwa menjual menggunakan jasa agen properti akan lebih efektif dan lebih cepat.

Tidak semua agen properti memiliki kualitas dan reputasi yang baik serata kegigihan yang sama. Maka kita tidak bisa secara asal menentukan pilihan agen properti mana yang akan kita gunakan jasanya. Ada beberapa list yang harus kita pertimbangkan. Perhatikan beberapa hal di bawah ini !!

Pakai Perusahaan Agen Properti
Harus kamu perhatikan dan teliti perbedaannya antara agen properti yang bekerja untuk perusahaan properti dan agen properti partikelir atau independen. Agen properti yang terikat kerjasama dengan sebuah perusahaan akan bisa dipastikan kualitas dan reputasinya. Keamanan transaksi yang dilakukan pun akan lebih terjaga. Karena mereka membawa nama perusahaan. Jika menggunakan jasa agen yang bertindak sendiri, kamu memiliki resiko menggunakan jasa yang tidak professional.

Teliti Pilih Agen
Setelah mendapatkan satu nama perusahaan agen properti. Jangan lupa untuk mengamati dan cermati rekan jejak dari agen tersebut. Pilih perusahaan agen properti perumahan di Bandung yang memiliki waktu yang cukup lama bergelut di dunia properti. Namun hal ini tidak menutup kemungkinan perusahaan baru lebih mumpuni. Yang perlu kamu pastikan ialah kepemiliki izin usaha dan alamat perusahaan yang jelas.

Pilih Agen Berpengalaman
Pilih agen yang sidah memiliki cukup banyak pengalaman memasarkan rumah dan menjual banyak properti. Hal ini berarti perusahaan tersebut sudah mengetahui dengan betul tata cara dan trik memasarkan rumah agar cepat laku. Selain itu mereka akan lebih untuk dihubungi. Baik melalui email, sms, telepon ataupun aplikasi pesan ponsel.

Buat Perjanjian
Saat melakukan diskusi dengan agen properti jangan lupa untuk membuat perjanjian antara kita dengan agen tersebut. Jangan lupa cantumkan peraturan agar agen tersebut tidak diijinkan untuk mengalihkan pemasaran rumah yang kita ajukan kea gen properti jual rumah lainnya. Karena jika ada pihak agen lain yang ikut terlibat, transaksi jual rumah akan menjadi lebih rumah khususnya masalah komisi. Poin penting lainnya ialah besaran komisi yang disepakati, dan berapa lama rumah akan mendapatkan pembeli baru.

Agen Melakukan Iklan Sendiri
Agen yang kita gunaan jasanya, sebaiknya agen yang kan bekerja dengan professional. Artinya ia akan angsung bekerja setelah kita menyerahkan informasi lengkap terkait rumah dijual yang akan dipasarkan. Setelah mendapatkan data tersebut ia harus memasang iklan rumah sendiri, dengan biaya ditanggung oleh agen bukan minta kembali biaya kepada kita. Jika seperti itu sudah dapat kita pastikan bila ia tidak memiliki profesionalitas.

Waktu jual rumah agar dapat pembeli memang tidak dapat kita prediksikan cepat atau lamanya. Namun ketika kita memutuskan untuk menggunakan jasa broker atau jasa agen properti secara umum proses penjualan akn lebih cepat. Selain itu kita tidak perlu repot dengan kesulitan saat mengurus surat – surat ketika transaksi jual beli rumah berlangsung. Semua akan diurus oleh agen atau broker. Perlu diingat kita masih bisa memasarkan rumah kita sendiri meskipun sudah menggunakan jasa agen properti. Namun untuk proses transaksi harus tetap dilakukan melibatkan broker atau jasa agen tersebut. Karena umumnya hal ini sudah diatur dalam perjanjian dan kesepakatan pada awal diskusi.

Itulah beberapa hal yang arus kamu perhatikan saat menggunakan jasa agen properti atau broker untuk jual rumah. Meskipun ingin cepat–cepat unit perumahan mendapatkan pembeli, bukan berarti hal ini memaksa kita untuk sembarangan memilih dan menentukan agen properti atau broker yang akan kita gunakan jasanya.

Bagikan

Jangan lewatkan

Mau Jual Rumah Pakai Jasa Agen Properti? Pastikan Hal Ini Terlebih Dahulu!!
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.